Ini Lho Proses Pembuatan Genteng Tanah Liat Press

Genteng tanah liat merupakan jenis genteng yang paling banyak dicari. Karena genteng ini memiliki kualitas yang cukup baik, awet, serta harganya yang relatif murah. Genteng tanah liat yang memang berbahan dasar dari tanah liat ini memiliki ketahanan yang bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun. Hal ini disebabkan karena proses produksinya memang sangat rapi.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana genteng tanah liat press diproduksi, berikut ini beberapa langkah proses pembuatan genteng tanah liat secara umum.

1. Pemilihan Bahan Baku
Yang pertama jelas, yakni memilih bahan baku berupa tanah liat. Dalam memilih tanah liat ini tidak bisa sembarangan dan tidak semua tanah bisa digunakan sebagai bahan pembuatan genteng. Biasanya Tress Way Jerseys tanah liat sawah yang banyak digunakan. Namun, jika tanahnya berwarna merah tidak cocok untuk digunakan.

2. Menggiling Tanah Liat Dan Memilahnya
Setelah bahan baku terkumpul, maka tanah liat bisa digiling. Tahap penggilingan ini memiliki fungsi untuk membuat tekstur tanah semakin halus, selain itu juga untuk merapatkan rongga-rongga molekul tanah. Penggilingan ini juga dimaksudkan untuk membersihkan tanah liat dari kotoran misalnya sisa-sisa tanaman yang menempel atau bebatuan kecil. Di tempat kami UD. LANCAR AGUNG, proses penggilingan berlangsung 2X. Hal ini agar bisa menghasilkan tanah yang benar-benar bertekstur halus, sehingga nanti ketika sudah memasukan tahap akhir (pembakaran) hasilnya permukaan akan halus dan tidak ada yang berlubang.

3. Didiamkan Hingga Agak Keras
Setelah digiling lalu dipilah-pilah menjadi bagian-bagian kecil, lalu tanah liat tersebut didiamkan terlebih dahulu hingga agak keras. Namun tidak sampai keras atau kering. Karena nanti agar mudah untuk dipukul-pukul sampai tipis sekitar 4 cm hingga siap untuk dipres.

4. Pressing
Dengan menggunakan alat mesin press, tanah liat lalu di press. Proses pressing ini berguna untuk membentuk model genteng serta untuk memadatkan genteng tersebut.

5. Dirapikan Lalu Diangin-anginkan
Setelah dipress, maka genteng setengah matang ini dirapikan terlebih dahulu. Karena dari sisa pressing pasti ada bagian yang perlu dipotong. Setelah itu baru diangin-anginkan dalam rak selama kurang lebih dua hari.

6. Dijemur Di Bawah Sinar Matahari
Setalah diangin-anginkan, genteng setengah matang itu lalu dijemur. Penjemuran harus dibawah terik matahari langsung. Dan proses ini bisa memakan waktu dua hari hingga genteng benar-benar siap untuk dibakar.

7. Pembakaran
Tahap akhir adalah pembakaran. Genteng tanah liat setengah matang ini lalu dibakar disebuah tempat pembakaran yang telah disiapkan dengan suhu derajat yang telah disesuaikan. Hingga pada akhirnya genteng tanah liat ini jadi dan memiliki daya tahan yang kuat.

Itulah tahapan-tahapan proses pembuatan genteng tanah liat secara umum. Dan kami dari UD. LANCAR AGUNG sangat memperhatikan kualitas genteng produksi kami. Terbukti sejak 1971, kami selalu bisa menghasilkan produk genteng yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *