Simak Tips Mengecat Genteng Beton Ini

Tak ada yang salah jika genteng rumah kita diberikan warna yang sesuai dengan selera kita. Toh, genteng juga bagian luar rumah yang bisa memberikan eksistensi terhadap rumah itu sendiri.

Nah, jika Anda membeli genteng yang notabene tidak atau belum ada warnanya (atau belum dicat), Anda bisa saja memberikan warna cat pada genteng tersebut. Karena memberikan cat pada genteng juga akan memberikan perlindungan terhadap genteng itu sendiri.

Tips Mengecat Genteng
Ilustrasi via Google

Cat pada genteng bisa sebagai pelapis anti korosi dan pelindung dari cuaca yang ekstrim. Sehingga ada baiknya jika Anda memilih cat yang tepat agar tak sekedar timbul warna cerah saja.

Kali ini kami akan sedikit memberikan tips mengecat genteng beton yang saat ini genteng beton sudah mulai banyak digunakan untuk rumah-rumah pribadi maupun bangunan perkantoran.

Mari simak tips berikut ini.

1. Bersihkan Terlebih Dahulu Gentengnya
Agar cat yang menempel bisa melekat dengan baik dan merata, kita harus membersihkan dahulu genteng betonnya. Kalau genteng beton Anda termasuk genteng baru (yang akan dipasang) maka beruntunglah, kadar kotornya mungkin cuma sedikit. Tapi jika genteng beton Anda sudah terpasang dan ingin memberikan lapisan cat, tentu akan banyak kotoran yang menempel, seperti lumut/jamur. Untuk itu, bersihkan dengan alat penggosok secara hati-hati agar kotorannya hilang.

Dalam membersihkan genteng, Anda perlu juga mengecek tentang kondisi genteng itu sendiri. Jika ada genteng yang tak layak dipakai, ya jangan Anda paksakan untuk dipakai. Lebih baik diganti dengan genteng baru.

2. Berikan Lapisan Anti Air (Waterproofing)
Penting untuk memberikan lapisan Waterproofing Wall Sealer pada genteng beton Anda. Karena lapisan ini akan melindungan genteng Anda dari air, sehingga daya serap air bisa semakin kecil. Untuk memberikan lapisan ini, Anda bisa melakukannya dua kali. Yang pertama secara horizontal, yang kedua vertical atau sebaliknya. Sehingga lapisan waterproof ini benar-benar menutupi semua pori-pori genteng beton Anda.

3. Keringkan Terlebih Dahulu
Setelah diberi lapisan waterproofing tersebut, sebaiknya jangan langsung dicat, tetapi dikeringkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Sehingga lapisan anti air ini bisa melekat betul pada pori-pori genteng beton Anda.

Baca juga : Ketahui Perbedaan Genteng Beton Dan Genteng Keramik Berikut Ini

4. Cat Dengan Cat Khusus Genteng
Setelah benar-benar kering, Anda bisa memulainya dengan mengecat genteng beton tersebut. Pastikan Anda menggunakan cat khusus genteng. Dengan menggunakan cat yang sesuai maka akan membuat cat tersebut juga lebih awet dan berguna sebagai pelindung genteng beton Anda. Jangan lupa memilih warna yang sesuai dengan konsep rumah Anda atau selaras dengan warna cat tembok luar Anda. Sehingga warna cat genteng tidak terlihat norak atau malah memberikan dampak buruk pada rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *