Tips Mengecat Genteng Agar Bisa Lebih Tahan Lama (Awet)

jualgentengjepara – Biasanya genteng yang sering terkena sinar matahari dan guyuran air hujan, lama kelamaan warnanya akan memudar. Ya, itu biasanya terjadi jika genteng tersebut tidak dilapisi oleh cat.

Faktor cuaca memang salah satu yang membuat perubahan warna pada genteng tersebut menjadi memudar. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh faktor komposisi cat genteng yang tidak pas. Sehingga, cat pun cepat mengelupas atau memudar ketika terkena sinar matahari dan udara dingin atau air.

Untuk itu sebelum  memastikan untuk mengecat genteng, pastikan dahulu sudah mengetahui caranya. Dan yang penting adalah gunakan cat genteng, bukan cat tembok atau malah cat besi. Beli di toko material ada kok cat khusus genteng.

Nah, supaya cat genteng Anda tahan lama atau awet, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Cat Khusus Genteng
Seperti yang kami tulis di atas, untuk mengecat genteng harus menggunakan cat khusus genteng. Pastikan juga untuk mengecat genteng jenis apa, apakah genteng tanah liat, genteng beton, atau genteng jenis lainnya.

2. Kondisikan Genteng Dalam Keadaan Bersih
Pastikan genteng Anda dalam keadaan yang bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Untuk memastikan itu Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat. Lalu dikeringkan. Karena kalau permukaan genteng yang akan dicat kotor, maka daya resap dan lekat cat ke genteng tidak bisa maksimal.

3. Berikan Lapisan Waterproof
Memberi lapisan waterproof, selain bisa membuat genteng tahan air dan bocor, juga membuat lapisan cat nantinya bisa lebih awet.

Jangan pernah melakukan pengecatan genteng ketika genteng masih dalam keadaan lembab atau basah. Karena nanti cat tidak bisa menempel dengan maksimal.

Untuk pelakukan pengecatan bisa menggunakan kuas, atau jika banyak yang harus dicat bisa memakai spraygun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *