Tips Merawat Genteng Agar Tetap Awet Dan Anti Bocor

Memiliki rumah tentunya harus selalu dirawat agar bangunan tetap kokoh dan terhindar dari kerusakan. Untuk merawatnya bisa dimulai dari bagian paling atas, yaitu genteng. Ya, genteng pun harus dirawat agar tetap awet dan terhindar dari kebocoran ketika hujan tiba.

Tips Merawat Genteng Agar Tetap Awet

Dalam merawat genteng Anda bisa menyesuaikan dengan jenis genteng yang Anda gunakan, apakah genteng keramik, genteng tanah liat, genteng beton, dll. Karena masing-masing genteng memiliki karakteristik berbeda sehingga Anda bisa mengetahui cara merawatnya yang sesuai.

Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagi Anda untuk merawat genteng secara umum. Sehingga kami berharap Anda bisa melakukan pencegahan dan perawatan sebelum genteng Anda rusak atau bahkan bocor.

Apalagi sekarang ini sudah memasuki musim kemarau, jadi ini waktu yang tepat bagi Anda untuk mengecek genteng rumah Anda.

1. Terawang Dari Bawah Apakah Ada Yang Bocor

Salah satu cara sederhana adalah dengan melihat genteng Anda dari bawah (dalam rumah). Coba terawang apakah ada lubangĀ bocor atau genteng yang geser posisinya. Kami sarankan Anda mengeceknya waktu siang hari saat matahari berada di atas. Sehingga akan kelihatan jika ada lubang bocor. Apabila Anda mendapati adanya lubang pada susunan genteng, Anda bisa menandainya untuk nantinya diperbaiki lewat atas.

2. Bersihkan Dari Lumut Atau Kotoran

Biasanya jika genteng Anda tertutup oleh ranting-ranting pohon, hal itu menyebabkan genteng menjadi berlumut atau tumpukan kotoran dari dedaunan membuat genteng Anda cepat lapuk. Untuk itu bersihkan genteng dari kotoran-kotoran semacam ini.

3. Cek Kondisi Karpus Nok Apakah Ada Yang Pecah

Nok itu adalah bagian ujung genteng yang diberi semen. Nah, biasanya bagian karpus nok yang menyebabkan air hujan merembes melalui celah-celah semen yang pecah. Untuk itu Anda perlu mengeceknya apakah kondisi karpus nok pecah/retak atau tidak.

4. Lihatlah Posisi Genteng Jika Ada Yang Melorot

Karena faktor cuaca dan angin, kadang membuat genteng menjadi melorot ke bawah. Sehingga hal ini bisa mengakitkan genteng tidak berada pada posisinya. Jika terjadi hujan, maka air bisa masuk melalui celah-celah tersebut.

5. Ganti Genteng Yang Retak

Apabila Anda mendapati genteng rumah Anda retak namun belum pecah, segera ganti dengan yang lebih baik. Karena jika genteng retak dibiarkan maka lama-kelamaan juga akan membuat genteng tersebut pecah.

Nah, itu dia beberapa tips merawat genteng agar tetap awet. Dan pastikan jika Anda mengecek ke atas, lepas dan pasang genteng dengan benar. Jangan sampai Anda melepasnya namun saat memasangnya kembali tidak tepat.

Demikian yang bisa kami sampaikan, dapatkan kebutuhan genteng berkualitas hanya di “LANCARĀ AGUNG“. Genteng Berkualitas Tinggi yang tahan terhadap segala cuaca, sehingga membuat rumah Anda tetap nyaman dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *