Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Penutup Atap

Jika Anda mencari penutup atap, apa saja yang Anda jadikan acuan? Pastinya yang menjadi salah satu alasan adalah karena faktor harga. Tetapi, faktor harga saja tidak cukup, perlu adanya kriteria lain ketika Anda harus memilih penutup atap.

Apa saja yang harus diperhatikan pada saat memilih penutup atap? Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Material Pembentuknya
Saat ini banyak sekali beredar genteng dengan berbagai jenis material pembentuknya. Dari semua jenis itu, masing-masing memiliki ciri yang berbeda. Dari material yang dipakainya tersebut bisa berpengaruh pada jangka waktu (daya tahannya), kekuatan, serta aspek bahayanya terhadap penghuninya. Jika Anda melihat bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh, genteng yang dipakai biasanya genteng keramik. Tak heran jika memiliki keawetan yang sangat panjang. Material keramik ini memang memiliki Life Time yang cukup panjang, karena genteng keramik diproses dalam pembakaran yang sempurna dan dengan temperatur suhu yang tinggi. Sehingga membuat genteng keramik ini lebih stabil dan juga kuat.

2. Material Pewarnanya
Jika Anda membeli genteng yang sudah diberi warna, Anda juga perlu memperhatikan material pewarna gentengnya. Karena ada genteng yang pewarnaannya menggunakan dua cara yaitu, menggunakan cat pewarna dan ada yang menggunakan Glazur. Apabila menggunakan cat pewarna genteng, tentu memiliki waktu pengecatan ulang, karena menggunakan cat akan mengalami penurunan intensitas warna sehingga perlu dicat ulang. Sedangkan pewarnaan menggunakan Glazur, biasanya digunakan oleh genteng keramik. Kelebihannya pewarnaan glazur ini bisa menyatu dengan permukaan genteng. Hal ini disebabkan karena dalam proses pelapisan warnanya dilakukan proses pembakaran yang suhu tinggi.

Masih banyak yang tidak memperhatikan aspek ini ketika memilih penutup atap. Padahal ini juga sangat menentukan kualitas dari genteng itu sendiri.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa menanyakan langsung ke produsen gentengnya, sehingga bisa bertanya-tanya proses produksi dan bahan-bahan yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *